Rabu, 27 November 2019

Apa patokannya shalat telah dilaksanakan di waktunya?



Pertanyaan: Umpamanya saya shalat zhuhur di akhir waktu shalat zhuhur, kemudian tatkala saya telah menyelesaikan satu rakaat, adzan shalat ashar telah dikumandangkan, bagaimana shalat zhuhur saya? Apakah shalat zhuhur saya telah sesuai waktunya atau justru shalat zhuhur saya tidak teranggap dilaksanakan di waktunya karena telah dikumandangkan adzan, sementara saya belum menyelesaikan shalat saya?

Jawaban: Permasalahan ini masih didiskusikan oleh para fuqaha (ulama fiqih): Apa patokannya shalat telah dilaksanakan di waktunya?


Pendapat pertama, ulama madzhab Hanafiyyah dan Hanabilah (berdasarkan yang rajih dari dua pendapat dari Imam Ahmad) berpendapat bahwa patokan shalat telah dilaksanakan di waktunya adalah ketika seseorang telah takbiratul ihram di waktu shalat tersebut. Baca Selanjutnya............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar